10 Strategi Pemasaran Produk Baru | Konsultan Marketing Malang ~ Mitraconn Card Connection
https://konsultanpemasaran-malang.blogspot.com/2015/12/10-strategi-pemasaran-produk-baru.html
Dalam memasarkan produk dari suatu brand, Anda akan memerlukan
strategi promosi yang tepat pada sasaran. Dengan strategi promosi bisnis yang
tepat, Anda akan meraih kesuksesan pada bisnis Anda. Bukan hanya itu, Anda juga
akan mendapatkan kesempatan untuk mencapai target penjualan Anda dan juga mendulang brand awareness ketika strategi promosi
dijalankan. Untuk mencapai itu semua, simak 10 tips dari strategi promosi
bisnis berikut ini!
1. Gunakan Media Sosial
Di era yang serba mobile ini, media sosial sudah menjadi suatu
hal yang wajib dimiliki brand Anda. Melalui media sosial seperti
Facebook dan Twitter. Anda dapat melakukan strategi promosi dengan
memperkenalkan brand dan juga produk yang ingin Anda
pasarkan kepada pengguna media sosial. Dengan menggunakan media sosial, maka
pendekatan yang akan Anda lakukan menjadi lebih personal dan juga menjadi ‘lebih
dekat’ dengan target market.
2. Adakan Lomba
Siapa sih yang tidak suka menjadi pemenang? Tentu saja
semua orang suka untuk memenangkan sesuatu. Oleh karena itu, menjadi salah satu
penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam salah satu kontes yang sedang
direncanakan adalah ide strategi promosi yang baik. Dengan menampilkan logo
Anda pada kontes atau perlombaan tersebut, maka brandyang akan Anda promosikan
akan dikenal oleh peserta lomba.
3. Bagi-bagi Produk
Jika brand Anda sedang ingin memperkenalkan
produk atau varian baru dari produk yang pernah dikeluarkannya, maka salah satu
strategi promosi yang cocok untuk dilakukan adalah dengan memberikan produk
langsung kepada target market. Pembagian produk ini bisa diberikan secara
cuma-cuma dalam bentuk sample atau tester.
4. Mendata Pelanggan/Target Market
Mengumpulkan data pelanggan merupakan kegiatan yang kami rekomendasikan.
Pada saat proses perkenalan produk ataupun penjualan berlangsung, pastikan Anda
mendapatkan data pelanggan sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga akan berguna
untuk strategi promosi maupun rencana perusahaan berikutnya.
5. Berikan Insentif untuk Setiap Rekomendasi
Berikan insentif bagi pelanggan setia Anda yang
memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan lainnya untuk menggunakan produk
dari brand yang Anda pasarkan. Insentif dapat
diberikan dalam wujud yang berbeda, seperti kupon diskon, sejumlah uang, atau
produk Anda sendiri. Dengan cara tersebut, pelanggan setia Anda akan terus
menggunakan dan semakin semangat untuk merekomendasikan produk Anda. Hal itu
tentunya merupakan salah satu strategi promosi yang jitu!
6. Tempatkan Produk di Tempat yang Tepat
Penempatan produk yang baik adalah penempatan produk pada
toko yang dapat menambahkan angka penjualan. Anda bisa saja memindahkan produk
Anda untuk diletakkan diantara 2 jenis produk lain yang merupakan komplementer
dari jenis produk yang Anda jual. Anda juga bisa menempatkan produk yang Anda
pasarkan pada ujung gang toko sehingga mudah untuk ditemukan. Dengan
memanfaatkan segi letak produk dalam toko, tentunya ini menjadi strategi promosi
yang jitu, bukan?
7. Lakukan Kegiatan Amal/CSR (Corporate
Social Responsibility)
Salah satu strategi promosi lainnya adalah dengan
menunjukkan rasa pedulibrand terhadap
isu di sekitar masyarakat/target market yang biasa ditunjukkan melalui
kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sambil mempromosikanbrand atau roduk teretentu yang ingin
dipromosikan. Dengan kegiatan ini,brand Anda akan mendapatkan label baik dan
disukai oleh masyarakat.
8. Gunakan Barang Promosi
Dalam menjalankan strategi promosi, Anda boleh
menggunakan barang promosi (seperti kaos, kalender dan merchandise lainnya) yang telah diberikan label
berupa logo brand Anda sehingga ketika barang promosi
tersebut digunakan oleh seseorang, maka barang tersebut telah mengingatkan
orang disekitarnya untuk menggunakan produk dari brand tersebut.
9. Susun Acara untuk Mengapresiasi Pelanggan
Selenggarakan acara bagi para pelanggan setia produk yang
akan Anda promosikan. Susunlah acara yang menarik, banyak hadiah dan tanpa ada standuntuk berjualan serta
tanpa harus memaksa para peserta membeli apa pun pada acara tersebut. Dengan
strategi promosi melalui acara-acara tersebut, loyalitas dari peserta acara tersebut akan bertambah dan
begitu juga rasa senang pelanggan dengan brand Anda.
10. Lakukan Survey Pembeli setelah
Penjualan
Untuk meningkatkan kualitas produk yang dipasarkan dan
juga pelayanannya, maka ada baiknya bagi Anda untuk melakukan survey pada setiap pelanggan setelah
penjualan. Anda bisa melakukannya di tempat, melalui telepon maupun melalui
email. Tetunya strategi promosi berbentuk survey ini mempermudah pelanggan untuk
menyampaikan baik pujian maupun keluhan tentang produk yang
digunakan/dikonsumsi.
Dari 10 tips yang sudah Sribu bagikan di atas, Anda dapat
melakukan berbagai kombinasi strategi promosi yang menarik dengan tips tersebut
sepeti menyelenggarakan kontes melalui media sosial dan memberikan barang
promosi setelah pelanggan menjawab pertanyaan pada survey yang diselenggarakan. Mudah dan juga
menarik untuk dicoba, bukan??
Namun, sebelum strategi promosi yang ingin Anda jalankan
dimulai, pastikan hal-hal seperti logo perusahaan, desain label dan juga
brosur/poster yang akan digunakan telah terdesain dengan baik. Melalui
Sribu.com, Anda akan mendapatkan puluhan hingga ratusan pilihan desain berkualitas
dengan berbagai kategori desain (desain logo, merchandise, brosur dan
lain-lain) dalam waktu singkat dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jasa
desain Sribu.com tentunya akan cocok bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk
melakukan strategi promosi agar angka penjualan segera melonjak dengan cepat
Posting KomentarDefault CommentsFacebook Comments